Kombinasi Statin dan Fibrat : Gak Boleh. Why?

Beberapa waktu yang lalu dilakukan general cek up untuk seluruh pegawai di lingkungan tempat kerjaku. Sebagian besar memenuhi undangan untuk cek sesuai jadwal yang diberikan.

Hasil dari cek up tersebut sebagian besar terjadi peningkatan kolesterol, trigliserida, dan asam urat. Meskipun di pemeriksaan lainnya juga ada beberapa yang dinilai tidak normal. Dari sebagian orang yang datang ke saya untuk konsultasi hasil cek up-nya, 100% mengalami peningkatan kolesterol total serta trigliserida. Dalam diagnosis biasanya ditulis hiperkolesterol dan hipertrigliserida/hipertg, namum untuk lebih simpel umumnya ditulis dislipidemia.

Setelah diagnosis ditegakkan, tentunya ingin memberikan penurun kolesterol total (yang ada golongan statin: simvastatin, atorvastatin) serta penurun Tg (yang ada golongan fibrat: gemfibrozil, fenofibrat). Apakah pemberian obat tersebut boleh bersamaan/kombinasi??

Jawab: TIDAK BOLEH

Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan rhabdomyolisis, kerusakan di hepar, kerusakan di ginjal, myopathy, hingga kematian.

Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi?

Tunggu ulasan ilmiahnya dari sumber-sumber valid di halaman web ini. Stay tune.....
Share This Article


0 komentar:

Posting Komentar